1. Bukit Holbung

Daya tarik wilayah di pulau Samosir ini terletak pada panorama bentang alamnya yang megah nan menakjubkan.Pulau samosir yang dekat dengan Danau Toba ini jga memiliki salah satu destinasi wisata unggulan , yakni bukit holbung...Bukit holbung jga merupakan desa yang usia nya telah mencapai 200 tahun. Anda dapat menikmati panorama alam dari ketinggian dan menilik potensi alam dan kehidupan masyarakat setempat .....tak hanya itu, bukit holbung ini jga sangat tenang hingga nyaman bagi anda  yang berlibur untuk menghindar sejenak dari ramainya pusat kota dan sesak jalanan...Keistimewaan Bukit Holbung.

Sebelum melakukan petualangan di bukit, Anda bisa mengunjungi desa terlebih dahulu. Ada sekitar 500 orang tinggal di sana.Ketika hendak ke bukit holbung ,anda bisa melakukan trekking .Biasanya pengunjung bisa mencapai puncak dalam 10 hingga 15 menit.

Sebelum mengunjungi Bukit Holbung anda harus menyiapkan semuanya .karena tidak ada restoran terdekat .Anda harus membawa makanan dan minuman Bila anda yanh hendak melakukan treeking




2. MAKAM TUA RAJA SIDABUTAR



Makam ini berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir sesuai dengan namanya Kabupaten tersebut terletak di Pulau Samosir, Pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Makam Tua Raja Sidabutar di Desa Tomok, Makam Tersebut di pahat dari batu utuh, tanpa sambungan, dan menjadi peristirahatan terahir Raja Sidabutar – Penguasa Tomok beberapa abat yang lalu.

Makam Batu Sidabutar hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pelabuhan Tomok. Sepanjang perjalanan menuju makam, ada ratusan kios yang menjual aneka barang khas Samosir. Ada gelang, kaus, hingga aneka ulos atau kain tenun. Motifnya beragam. Semua berjajar rapi, memanjakan mata siapapun yang melewatinya.



3. Menara Pandang Tele

Menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian menjadi hal yang patut di coba saat berkunjung ke Samosir. Salah satu tempat terbaik melihat pemandangan tersebut adalah  Menara Pandang Tele.

Menara ini berjarak sekitar 15 km dari Bukit Holbung. Wosata Menara Pandang Tele ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dengan durasi sekitar 30 Menit dari Bukit Holbung.

Menara Pandang Tele memiliki 3 lantai yang semuanya dapat diakses oleh pengunjung. Dilantai paling atas pengunjung dapat melihat barisan bukit, pemukiman warga, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

4. Air Terjun Efrata



Air Terjun Efrata terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Lokasinya diapit oleh dia bukit. Tempat wisata ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.



Air Terjun tersebut berair jernih dengan ketinggian sekitar 20 meter. Untuk dapat menyaksikan keindahan air terjun ini, pengunjung perlu berjalan sekitar 100 meter dari arah parker.

5. Bukit Sibea – Bea



Tidak hanya wisata alam, di Samosir juga bisa di jumpai objek wisata religi, yaitu Bukit Sibea – Bea. Bukit ini merupakan tempat didirikanya patung Yesus Keristus yang peruses pembangunanya masi berjalan.

Di sini selain menemukan patung Yesus Keristus di bukit, ada pula rumah Doa dan Restoran. Selain menjadi tempat wisata Religi, Bukit Sibea – Bea juga menyuguhkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Untuk mencapai bukit Sibea – Bea, kita perlu menempuh jarak sekitar 177 km dari kota medan, atau sekitar empat sampai lima jam perjalanan.



6. Desa Wisata Tomok



Tomok merupakan sebuah desa yang terletak di bagian timur Pulau Samosir. Desa ini berada tepat di bagian pesisir pulau.



Pengunjung dapat pempelajari kebudayan dan peninggalan leluhur suku Batak Toba, mulai dari Rumah Adat, Makam Raja- Raja kuno, Hingga benda – benda bersejarah peninggalan leluhur suku Batak Toba.

7. Museum Batak Tomok

Museum Batak Tomok merupakan objek wisata yang terletak di Komplek TB Silalahi Center, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Bangunan museum ini berbentuk rumah teradisional tempat tinggal suku batak atau biasa disebut Rumah Bolon. Dinding bangunan museum dipenuhi dengan ukiran khas berwarna merah, putih, dan hitam.

Ketiga warna dominan tersebut dianggap memiliki arti spiritual tersendiri bagi masyarakat Siku Batak. Tak hanya itu, ukiran cecak yang ada di di dindingnya memiliki makna pelindung.

Pengunjung dapat menyaksikan peninggalan leluhur suku Batak Toba dari Samosir di Museum Batak Tomok ini.

8. Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Tomok bukanlah satu – satunya desa wisata d samosir. Desa Lumban Suhi Suhi juga menjadi desa wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Wilayah yang terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara ini meripakan penghasil kain ulos. Kain ulos merupakan kain tenun khas suku batak.

Kain tersebut memiliki peranan penting dan tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Batak. Pengunjung bisa Menyaksikan pembuatan kain ulos secara langsung dan membelinya sebagai oleh – oleh.

9. Air Terjun Situmurun


Perpaduan antara pemandangan Danau Toba dengan Air Terjun dapat ditemukan di Air Terjun Situmurun yang tingginya mencapai sekitar 70 meter.

Air Terjun ini terdiri dari tujuh undakan. Airnya mengalir dari tening yang terletak di tepi Danau Toba. Aliran airnya jatuh langsung ke danau. Destinasi Air Terjun Situmurun ini terletak di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara.