1. PASAR BUAH BERASTAGI 

Jika kita berwisata ke Berastagi tidak lengkap bila tidak mengunjungi Pasar Buah Berastagi.  Disini kita banyak menjumpai buah – buah lokal dan sayur – sayur segar, disini kita juga bisa menemukan bunga – bunga khas dataran tinggi tanah karo sebagai oleh – oleh.  Harga tidak jauh berbeda dengan di kota Medan, kelebihanya kita bisa mendapatkan buah dan sayuran yang berkualitas baik dan masi segar.



2. BUKIT GUNDALING BERASTAGI, SALAH SATU OBJEK WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI 


Dataran tinggi karo selalu menjadi destinasi wisata favorit kebanyakan masyarakat Sumatra utara. Di Karo sendiri, banyak objek wisata yang menjadi andalan, yaitu Puncak Gundaling yang berada di Berastagi.

Di Puncak Gundaling selain menikmati panorama keindahan alam, wisatawan juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang di sediakan seperti naik kuda keliling bukit dan juga tersedia lokasi untuk berfoto. Berbagai jenis tanaman bunga dan aksesoris banyak di temukan di Bukit Gundaling yang bisa dijadikan oleh oleh  bagi wisatawan. Yang lebih menariknya di lokasi ini juga ada tempat menewa pakaian Korea.


Dengan berbagai pembenahan yang akan di lakukan, diharapkan akan semakin mengundang minat wisatawan untuk datang dan tentunya dapat semakin meningkatkan perekonomian warga sekitar.




3. AIR TERJUN SIKULIKAP, OBJEK WISATA YANG WAJIB DI KUNJUNGI. LOKASI TIKET MASUK 



Air Terjun Sikulikap adalah air terjun yang terletak di desa Doulu, serta tepat di perbatasan antara Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Karo. Air Terjun Sikulikap tentu bisa menjadi opsi terbaik bagi wisatawan yang sedang mencari destinasi alam yang sangat recommended untuk dikunjungi. Sarana wisata seperti café pohon, spot foto, jembatan lampu dan pemandangan alam yang dingin dan sejuk bisa anda nikmati disini.

Dan berikut ini informasi Air Terjun Sikulikap yang sudah kami siapkan sebagai referensi bila ingin berkunjung ke Air Terjun Sikulikap.

Lokasi Air Terjun Sikulikap 


Lokasi Air Terjun Sikulikap berada di jalan lintas Sumatra – Karo, Desa Doulu, Kec Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang  Sumatra Utara, Indonesia  tepat 23 km dari Kota Berastagi.

Harga Tiket Masuk Ke Air Terjun Sikulikap 2022

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap 2022

Jenis Tiket

Harga

Tiket Umum

Rp5.000,-

Tiket Roda Dua

Rp10.000,-

Tiket Roda Empat

Rp20.000,-

JAM OPERASIONAL

Hari

Jam Buka/Tutup

Senin – Minggu

08.00 WIB/20.00 WIB

Kecuali area café dan area camping, area Air Terjun sudah tutup pada pukul 18.00



4. Wisata Pemandian Air Panas Sdebuk – Debuk 


Sumatra Utara menyimpan sejuta keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Beragam destinasi wisata alam bisa dengan mudah anda datangi di sini. Mulai dari wisata alam, pegunungan, dan hutan wisata Air Terjun, bahkan ada juga banuak pilihan destinasi wisata pemandian air panas. Provinsi ini memang memiliki banyak destinasi wisata pemandian air panas dengan keunikan dan pesonanya masing – masing.

Salah satunya adalah pemandian alam sidebuk – debuk pemandian ala mini berada di desa Douli Berastagi, Kabupaten Karo. Pemandian ini salah satu objek wisata yang sangat popular di Berastagi. Tak hanya saat musim liburan, pemandian ala mini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Air di pemandian ala mini berasal dari Gunung Sibayak langsung. Tak heran jika airnya hangat namun segar. Airnya pun mengandung belerang  yang dipercaya bisa menghilangkan penyakit gatal – gatal atau penyakit kulit lainya. Aliran dari gunung sibayak ini dialirkan melalui pipa – pipa ke sejumlah kolam pemandian. Ukuran kolam dan tingkat panasya pun bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan selera pengunjung. Bagi anak – anak juga bisa menikmati berendam di kolam pemandian yang tidak terlalu panas.

Menariknya, tidak hanya menawarkan kolam pemandian alami sebagai daya tarik utama, di lokasi wisata ini juga terdapat banyak wahana bermain air. Dengan fasilitas Toilet, Mushola, Aula dan Restoran. Sehingga wisatawan yang berkunjung bisa dengan nyaman menikmati waktu berlibur di objek wisata ini.


5. AIR TERJUN SIPISO – PISO 



Air Terjun Sipiso - Piso merupakan salah satu objek wisata andalan Propinsi Sumatra Utara. Dan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Terletak di desa Tongging, kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.


Lokasi Air Terjun ini berada tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia, yaitu Danau Toba. Air terjun yang berada pada ketinggian 800 meter ini terbentuk dari sungai bawah tanah plato karo yang mengalir melalui goa disisi kawah danau toba. Air yang keluar dari goa yang berukuran tidak begitu besar sangat deras karena jatuh dari ketinggian 120 meter, membuat air terjun ini begitu indah. Kata “piso” berarti pisau, karna memang air terjun ini dilihat dari jauh bentuknya seperti pisau,



6. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan dengan Danau Toba.

Danau Lau Kawar terletak di bawah kaki Gunung Sinabung, Desa Kutagugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatra Utara Indonesia.

Danau yang terkenal karena keindahan alamnya ini menjadi tempat rekreasi yang menarik.

Berikut daya tarik Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Sinabung yang memiliki Lus kurang lebih 200 Hektar.

Wilayah ini merupakan Kawasan Ekosistem Leuser dengan ketinggian2.451 meter diatas permukaan laut.

Suasana di sekitar Danau sejuk dengan suhu sekitar 16 sampai 17 derajat celcius, sehingga kawasan ini tergolong subur.

Pemandangan di sekitar danau sangat indah, Air danau tenang dan bening, Sebelum letusan Gunung Sinabung pada 2011 di sekitar danau ditumbuhi anggrek  yang membuat pemandangan sekitar danau semakin indah.

Sementara pinggiran danau terbentang lahan seluas 3 hektar yang sangat cocok untuk berkemah dan bermlam sembari menikmati keindahan danau dengan mengendarai perahu.

Harga Tiket Lau Kawar Pengunjung tidak dikenakan retribusi di Danau Lau Kawar, melainkan hanya dikenakan biaya parker kendaraan. Yaitu RP5.000 untuk kendaraan roda dua dan RP 10.000 untuk kendaraan roda empat.


7. Wisata Bukit Kubu Berastagi, dan Aktifitasnya

Sumatra Utara memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga, salah satunya Bukit Kubu Berastagi.

Tempat wisata yang berlokasi di Berastagi , karo ini merupakan hotel tua dengan taman rekreasi berupa alam terbuka seluas lima hektar. 

Meskipun berada dalam kawasan hotel, untuk berkunjung ke Bukit Kubu, wisatawan tidak perlu menginap, hanya perlu membayar biaya masuk saja.

Bukit kubu menawarkan hamparan rumput hijau dipadu dengan panorama alam yang memanjakan dan menyejukan mata, berupa bukit dan pepohonan pinus yang berjajar.

Hanya kawasan hotel tetapi menjadi tujuan favorit wisatawan terutama untuk wisata keluarga.


8. Gunung Sibayak Berastagi

Gunung Sibayak adalah salah satu gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatra Utara tepatnya di Kota Berastagi. Masyarakat karo menyebut Gunung Sibayak  dengan sebutan “Gunung Raja”. Gunung Sibayak merupakan gunung merapi dan meletus terahir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 KM Barat Daya Kota Medan. Gunung Sibayak Banyak dikunjungi karena akses menuju gunung sibayak sudah bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 dan roda 4. Setelah sampai di pos gunung sibayak pengunjung akan diharuskan berjalan kaki menuju puncak gunung Sibayak. Perjalanan ke Puncak Gunung Sibayak Memakan Waktu sekitr 3 Jam perjalanan.

Apasaja Yang Bisa Dilakukan Di Gunung Sibayak

Banyak hal yang bisa dilakukan di Gunung sibayak  seperti Camping sembari menikmati keindahan malam di Puncak Gunung Sibayak. Gunung Sibayak memiliki udara yang sangat dingin dimalam hari jadi dianjurkan bagi yang camping wajip memakai jaket yang tebal untuk menghindari hipotermia.


9. Wisata Gajah Bobok dan Tiket Masuk


Wisata bukit Gajah Bobok merupakan objek wisata yang menawarkan panorama Danau Toba dari ketinggian. Destinasi ini juga menjadi incaran para petualang sebagai lokasi berburu hamparan gemerlap bintang malam. Pesona sunrise dan sunset juga menjadi salah satu daya tarik yang di incar wisatawan.



Harga Tiket Masuk Wisata Gajah Bobok

Biaya Masuk

Harga Tiket Masuk

Rp. 10.000


10. Wisata Taman Alam Lumbini Pagoda Swedagon



Taman alam lumbini wisata religi yang letaknya di desa Tongkeh, Kecamatan Dolat Rakyat, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Taman Alam Lumbini ini menjadi salah satu destinasi wisata berastagi yang popular, karena memiliki keunikan berupa adanya pagoda yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia, dengan warna mencolok yang menarik perhatian. Seluruh bangunan berwarna emas berkilau. Dari kejauhan, warna keemasan ini berkilau membuat pagoda semakin mencuri perhatian. Taman Alam Lumbini yang merupakan replika pagoda swedagon atau juga disebut pagoda emas Yangon yang ada di Myanmar. 


Dibuka pada 
Oktober 2010 replika ini pernah dicatat pada rekor MURI untuk kategori stupa tertinggi di Indonesia, serta termasuk sebagai replika tertinggi di Asia Tenggara. 


11. FUNLINE, MIKIE HOLIDAY BERASTAGI

Mengunjungi kawasan Berastagi, Sumatra Utara tak lengkap jika belum mampir ke Mikie Funland.

Obyek wisata yang dibuka pada tahun 2000 ini memang menjadi salah satu daya tarik di berastagi.

Lokasinya berada di Jalan Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Mikie Funland juga merupakan tempat wisata dengan konsep outdoor yang pertama di Sumut yang tentunya bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur yang cocok untuk seluruh keluarga.

Jam Buka dan Harga Tiket Mikie Funland

Mikie Funland dibuka pada hari Jumat – Minggu dan dihari hari besar pada saat libur sekolah. Untuk informasi lebih lanjut, pengujung harus memperhatikan informasi jadwal operasional di laman resmi dan media social mikie funland. 

Jam buka Mikie Funland pada hari operasional yaitu mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Sedangkan harga tiket masuk Mikie Funland juga terjangkau yaitu mulai dari Rp. 95.000 per orang untuk bermain di lebih dari 35 wahana yang tersedia.

Khusus untuk pengunjung dengan tinggi di bawah 90 cm dan orang tua berusia diatas 55 tahun tidak dikenakan tiket berbayar. Sementara untuk pengunjung usia antara 50 – 55 Tahun dikenakan tiket khusus Rp. 40.000 dengan menunjukan KTP.


12. WISATA PETIK STRAWBERRY DI BERASTAGI


Tak cukup waktu sehari untuk menikmati pesona wisata kota sejuk Berastagi. Bagaimana tidak banyak tempat – tempat wisaya menarik untuk di kunjungi. Maka dari itu pengunjung harus pandai membagi waktu untuk mencoba tempat wisata yang selalu dipadati pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah.

Satu diantaranya ialah kebun buah Strawberry yang gak kalah indhnya untuk di nikmati pengunjung yang  berada di desa Tongkeh, Kabupaten Karo. Para pengunjung bisa menikmati nuansa yang penuh dengan pohon strawberry dengan sensasi petik sendiri. Dengan dibekali keranjang oleh penjual, pengunjung bebas memilih strawberry yang hendak dibeli.


Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Kota Berastagi sembari memetik Strowberri dan berfoto-foto dan makan buah di lokasi.

Untuk harga tiket masuk dan buah Strawberry  dibandrol dengan harga 10 ribu per ons, da harga tiket masuknya 15ribu / orang. Untuk tiket masuk yang dibayar, kita mendapat bonus tergntung tempat yang kita kunjungi. Bonus bisa berupa buah Strawberry, Selay Strawberry, dan Permen Strawberri.

13. RESTO DAN GUNDALING FARM DI BERASTAGI YANG HITS

Gundaling Farm adalah peternakan sekaligus pasteurisasi susu sapi yang berada di berastagi. Popularitas destinasi ini jangan ditanya, setiap kali berlibur ke karo, wajip singgah di Gundaling Farm dan Restorannya. Lokasi Gundaling Farm berada di kawasan strategis yaitu di ruas jalan pendidikan, jaranguda, Simpang Pelawi, Berastagi, Kabupaten Karo. 

Selain susu sapi segar yang murni dan siap untuk di minum, disediakan juga berbagai macam menu yang tersedia di restoran ini. Daftar makanan dan minuman di Gundaling Restaurant lengkap, mulai dari Asia, Western sampai Karonese food bisa kamu temukan disini.

Jam Operasional dan Tiket Masuk Gundaling Farm

Destinasi peternakan ini dibuka sejak pagi dari pukul 10:00 dan tutup pukul 17:00 kecuali untuk restoran, tutup sekitar jam 20:00. Saat libur nasional seperti tahun baru maupun lebaran , jam operasional tersebut tetap berlaku.

Fasilitasnya cukup lengkap, slain spot berfoto, tersedia juga tempat parker dan toilet. Tiket masuk Gundaling Farm cukup terjangkau, kisaran 5,000 ribu rupiah / orang.